Visi Misi

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN

Rumusan Visi Program Studi yang Konsisten dengan Visi Lembaga

Jurusan/Program Studi Arsitektur adalah sebagai bagian dari Universitas Palangka Raya (UPR) yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga lulusan Sarjana Arsitektur, yang legalitas pendiriannya dituangkan datam Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 376/DIKTI/Kep/1998 tanggal 22 Oktober 1998. Penerimaan secara nasional melalui jalur UMPTN baru dilaksanakan mulai tahun akademik 1997/1998. Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik UPR, merupakan satu-satunya program studi Arsitektur yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah. Memiliki lokal bangunan gedung administrasi dan perkuliahan, perpustakaan, 5 ruang studio, 4 buah laboratorium, 1 buah studio Tugas Akhir serta sarana pendukung lainnya yang terpadu dan strategis di tengah-tengah lokasi Universitas Palangka Raya. Saat ini Jurusan Arsitektur merupakan salah satu Jurusan kebanggaan masyarakat Kalimantan Tengah karena banyaknya jumlah alumni yang berhasil dan ikut mengembangkan daerah sehingga menjadi pendorong utama agar lebih mengembangkan jurusan yang ada saat ini pada tahapan level persaingan yang lebih tinggi. 

Sebagai suatu program studi yang sedang berkembang, banyak usaha yang sudah dilakukan sejak didirikan sampai sekarang, dalam hal organisasi, pelaksanaan, evaluasi serta peningkatan proses belajar mengajar yang kondusif. Sebagai pedoman pengembangan diri ke depan, visi program studi selalu disusun sebagai suatu rencana yang matang dari keinginan untuk maju dan bersaing di tingkat regional dan nasional.

Visi Program Studi saat ini adalah 
“Menjadi pusat pengembangan pengetahuan Arsitektur Kalimantan dan mampu bersaing secara Nasional di bidang rancang bangun lingkungan binaan yang berkelanjutan pada tahun 2024. “

Visi ini diturunkan dari Visi Fakultas yaitu 
Menuju Fakultas yang unggul di Tingkat Nasional Berbasis Riset pada Tahun 2024
Salah satu parameter tambahan yang berkembang di dalam menyusun visi dan misi jurusan/prodi Arsitektur adalah adanya parameter waktu pencapaian dan standar level eksistensi yang menantang. Visi Jurusan dan fakultas sejalan dengan visi Universitas yang menekankan pada daya saing yang tinggi. Visi Universitas Palangka Raya adalah 
“Menjadi Perguruan Tinggi Terbaik dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Berkualitas, Bermoral dan Berdaya Saing Tinggi. 

2. Rumusan Misi Program  Studi yang Diturunkan dari Misi Lembaga

Untuk mencapai Visi jurusan/Prodi, Misi dari Program Studi Arsitektur, saat ini adalah:
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang arsitektur yang berorientasi pada peningkatan  kualitas yang berkesinambungan.
2. Menyelenggarakan penelitian di bidang Arsitektur secara mandiri dan melalui kerjasama dengan berbagai pihak, yang berguna bagi masyarakat pada umumnya.
3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang mendukung pembangunan daerah dan nasional.


3. Rumusan Tujuan  Program Studi yang Merujuk Tujuan Lembaga


Tujuan dari Program Studi Arsitektur adalah:
1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, mandiri, dan berlatar belakang arsitektural yang kuat, berbudi pekerti luhur, serta mampu bersaing dalam memperoleh pekerjaan pada bursa kerja lokal, regional maupun nasional.
2. Meningkatkan kualitas dan kuantitias penelitian, layanan masyarakat yang lebih bermanfaat, dalam rangka mempercepat pembangunan daerah dan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Arsitektur.
3. Menerapkan secara aktif keilmuan Arsitektur melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan daerah dan kesejahteraan masyarakat.


4. Rumusan Sasaran Program Studi yang Relevan dengan Misinya

Program Studi Arsitektur telah memiliki rencana jangka panjang, menengah dan pendek melalui capaian yang dibuat dalam mekanisme rapat yang menghadirkan berbagai pihak untuk memberikan usulan tentang tahapan yang harus dilalui program studi. Kemudian selajutnya dirumuskan oleh tim yang dijabarkan melalui strategi pencapaian prodi di masa mendatang melalui dokumen formal yang berisi rumusan tujuan bertahap yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu. 

Sasaran dan strategi pencapian untuk jangka pendek (<5 tahun)

Sasaran Jurusan Arsitektur dalam jangka pendek (<5 tahun)
1. Setiap lulusan/Sarjana Arsitektur FT UPR memiliki kompetensi pada bidang Perumahan dan permukiman, urban, rancang bangunan, sejarah dan teori arsitektur, arsitektur Dayak dan Arsitektur tepi air, kayu dan gambut untuk membantu mengembangkan pembangunan yang berorientasi pada perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.
2. Setiap lulusan Arsitektur FT UPR memiliki wawasan global, profesional, inovatif dan kreatif serta mandiri di dalam pengembangan keilmuan arsitektur.
3. Setiap lulusan Arsitektur  FT UPR mampu bekerjasama secara tim
4. Meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian setiap civitas akademika Jurusan Arsitektur  FT UPR
5. Meningkatkan sistem pengelolaan jurusan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Strategi Pencapaian ialah:
1. Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan proses belajar mengajar dan perbaikan kurikulum berbasis KKNI. 
2. Memperkenalkan karya arsitektur (lokal dan internasional), pendidikan arsitektur (dalam dan luar negeri) serta bertemu tokoh arsitek (dalam dan luar negeri)
3. Melaksanakan kerjasama dengan dunia kerja dan asosiasi di bidang arsitektur dan keteknikan.
4. Meningkatkan perolehan hibah penelitian dan pengabdian oleh dosen, mahasiswa, dan juga Tim mahasiswa dan dosen.
5. Membangun sistem pengelolaan jurusan berbasis Teknologi informasi (IT)

Sasaran dan strategi pencapaian untuk jangka Menengah (5-10 tahun)

Sasaran Jurusan Arsitektur untuk jangka menengah (5 – 10 tahun):
1. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana mengajar
3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja sama regional dengan berbagai pihak khususnya di bidang penelitian
4. Meningkatkan jumlah publikasi ilmiah di tingkat Regional, Nasional, dan Internasional.

Strategi Pencapaian ialah:
1. Mendorong tenaga pendidik pencapaian pendidikan doktor yang sesuai dengan keperluan jurusan dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kompetensinya.
2. Menambah dan memperbaharui sarana dan prasarana laboratorium dan studio arsitektur.
3. Menambah jumlah kerjasama dengan pihak swasta, pemerintah daerah dan antar perguruan tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan  penelitian.
4. Menambah kerjasama dalam publikasi ilmiah dengan berbagai pihak khususnya di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Sasaran Jurusan Arsitektur untuk jangka panjang (>10 tahun)

1. Meningkatkan jumlah prodi di jurusan arsitektur.
2. Setiap civitas akademika Arsitektur FT UPR mampu mengembangkan, menyebarluaskan dan menerapkan IPTEK di bidang Arsitektur yang bermanfaat bagi masyarakat.
3. Menjadi Jurusan Arsitektur yang berbasis riset dengan keunggulan komparatif lokal serta  berdaya saing Nasional dan internasional.

Strategi Pencapaian ialah:
1. Membuka pendidikan profesi Arsitek dan program magister di bidang arsitektur.
2. Menambah perolehan hibah penelitian dan pengabdian tingkat nasional dan Internasional.
3. Menambah jumlah riset dan publikasi ilmiah melalui seminar (nasional dan internasional), jurnal Nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.